Cara Membersihkan Riwayat Kredit Buruk

Sebelum mengajukan pengajuan kredit, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon. Biasanya, ada sejumlah syarat yang perlu ditegakkan secara ketat, salah satunya tidak masuk daftar hitam.

Persyaratan ini akan digunakan oleh Bank sebagai bentuk jaminan atas fasilitas yang diberikan kepada nasabah. Untuk itu, Bank akan selalu melakukan pengecekan masalah-masalah yang berkaitan dengan calon nasabah, khususnya riwayat kredit. Bank akan melakukan pengecekan melalui BI Checking atau SLIK Online.

BI Checking? apa itu?

Pemeriksaan BI adalah informasi yang mencatat berhasil tidaknya proses pembayaran kredit seseorang. Namun mulai 1 Januari 2018, Pemeriksaan BI berubah nama menjadi SLIK atau Sistem Informasi Keuangan yang dioperasikan oleh OJK. Pemeriksaan BI / SLIK dapat dilihat oleh semua lembaga keuangan untuk mengetahui kejujuran nasabah.

SLIK akan memberikan informasi status jaminan kredit, apakah masih beredar atau belum. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari data tersebut, lembaga keuangan dapat memutuskan apakah prospek layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak.

Jadi bagaimana jika Anda masuk daftar hitam karena Anda memiliki riwayat pembayaran yang buruk? Langkah apa yang perlu diambil untuk membereskan cerita ini? Berikut ini akan dijelaskan cara membersihkan nama Anda dari riwayat kredit macet.

Bagaimana cara membersihkan sejarah kredit macet

1. Tunggu selama 24 bulan, data akan otomatis terhapus dari sistem

Nyatanya, nama Anda bisa kembali bersih setelah 24 bulan meski tanpa usaha. Karena data riwayat kredit yang salah akan otomatis terhapus dari sistem. Namun, 24 bulan dianggap terlalu lama bagi Anda yang ingin segera mengambil pinjaman. Pinjaman dari lembaga keuangan mana pun tidak mungkin dilakukan selama masih tercantum dalam daftar SLIK blac.

2. Lakukan pembayaran hutang yang belum dibayar

Jika Anda ingin segera melakukan pinjaman lagi tetapi tidak ingin menunggu terlalu lama hingga 24 bulan. Jadi langkah yang perlu dilakukan adalah melunasi hutang yang belum dibayarkan terlebih dahulu. Lunasi hutang Anda sesegera mungkin setelah menerima detailnya dari SLIK. Namun, Anda perlu bersabar karena menghapus data ini membutuhkan waktu proses yang lama. Itu tergantung pada kinerja lembaga keuangan Anda.

3. Laporkan ke lembaga keuangan terkait

Langkah selanjutnya adalah memberikan bukti hubungan dengan lembaga keuangan terkait. Langkah ini harus diambil jika status iDeb Anda tidak berubah padahal Anda sudah melunasi utangnya. Caranya adalah dengan membuktikan bukti pembayaran utang ke OJK terdekat di kota Anda. Sehingga OJK mengklarifikasi riwayat kredit macet dan Anda bisa mengajukan pinjaman bank lagi.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *