Menuju Pertandingan Bersejarah Bagi Tim Nasional Inggris

Harry Kane memimpin Inggris dalam 1.000 mereka. pertandingan internasional melawan Montenegro, Jumat (15/11). Sejak tiga singa bertarung melawan Skotlandia pada 30 November 1872, ada 79 nama berbeda yang dikenal untuk memimpin rekan-rekan mereka di lapangan. Dari pemain multi talenta dilansir dari bola288, Cuthbert Ottaway (1872) hingga Kane hari ini. Sebelum menjadi kapten Inggris, Ottaway adalah salah satu kelelawar kriket terbaik yang pernah dimiliki oleh Inggris. Dia milik kelompok Gentlemen of England, yang tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan. Tetapi sepakbola menjadi tempat baginya untuk menulis sejarah.

Dia terlibat dalam turnamen Piala FA perdana pada 1871/1872 dengan membela Marlow FC dan Crystal Palace. Ottaway kemudian mematahkan tiga kali berturut-turut antara 1872 dan 1875 untuk mempertahankan turnamen sepak bola tertua dengan membela Universitas Oxford dan Old Estonia. Ottaway memenangkan kejuaraan pada 1873/1874 setelah membantu Universitas Oxford mengalahkan Royal Engineers 2-0. Tidak ada yang tahu pasti mengapa Ottaway terpilih sebagai kapten pertama Inggris. Namun menurut The Athletic, Charles Alcock, yang sebelumnya memimpin tiga singa dalam kompetisi tidak resmi, terluka. Ottaway, yang baru saja kembali dari tur kriket melalui Amerika Utara, terpilih sebagai kapten pertandingan bersejarah melawan Skotlandia, baik atas rekomendasi Alcock atau keputusan komite. Sejak itu, Ottaway telah menjadi merek standar untuk pemimpin tim nasional Inggris.

Bermain gaya Ottaway dan teman-temannya ketika mereka bertemu Skotlandia adalah ciri khas tim nasional Inggris. Posisi kapten bukan lagi pemain paling berbakat seperti Ottaway. Namun, diberikan kepada mereka yang memiliki kekuatan tempur tertinggi di lapangan. Billy Wright dan Bobby Moore menjadi standar kapten baru Inggris setelah Ottaway. Moore tentu lebih dikenal ketika ia memimpin Inggris ke Piala Dunia 1966. Moore sendiri terinspirasi oleh Wright. Jika Wright adalah pemain dengan rambut emas antusias, pekerja keras, Moore tampak lebih cantik dan lebih bersih. Dia mencerminkan gaya glamor tahun enam puluhan.

Moore mungkin belajar dari Wright. Alasannya, menurut Johnny Haynes, mantan rekan setim Wright, adalah sosok yang menghabiskan karir profesionalnya bersama Wolverhampton Wanderers yang juga sebanding dengan Moore. “Billy [Wright] adalah orang yang luar biasa. Dia melihat posisi kapten sebagai seni memimpin untuk tidak menjadi diktator,” kata Haynes.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *